5 Tips Penting Untuk Menarik Antusiasme Peserta Seminar

5 Tips Penting Untuk Menarik Antusiasme Peserta Seminar

Ada beberapa tips penting, jika ingin acara seminar diikuti oleh banyak peserta. Karena memang, tidak mudah untuk menarik orang-orang, apalagi kalau seminar yang diselenggarakan baru pertama kali. Sebagai penyelenggara event, ikuti tips di bawah untuk mendapatkan peserta:

1. Menghadirkan Narasumber Terbaik

Tips pertama agar banyak yang tertarik untuk mendaftarkan diri di seminar adalah menghadirkan narasumber terbaik. Apalagi, pembicara merupakan faktor inti yang akan mengisi seminar. Jika yang diundang narasumber biasa, pasti orang-orang akan berpikir dua kali ikut seminar.

Dalam hal ini, pihak penyelenggara harus mengenali calon audiennya supaya bisa menentukan karakter narasumber yang sesuai. Selain itu, pembicara yang dipilih memang berkompeten. Kalau seminar membahas tentang bisnis, maka narasumber adalah orang yang mengerti bidang tersebut.

2. Memberikan Seminar Kit yang Lengkap

Salah satu daya tarik peserta seminar adalah souvenir. Penyelenggara yang memberikan kenang-kenangan fungsional dipandang profesionalitas dan punya kapabilitas. Apalagi seminar kit selalu dapat digunakan kembali dan memiliki sifat reusable.

Paket souvenir yang diberikan kepada peserta, terdiri dari berbagai item. Suvenir paling berguna adalah tas seminar yang menjadi wadah semua barang bawaan peserta. Seminar kit juga bisa diisi dengan pulpen, buku catatan, sertifikat, ID card, flashdisk, dan tumbler.

3. Memberikan Tarif yang Terjangkau

Tips ketiga agar acara seminar dilirik oleh banyak orang yaitu memberikan tarif yang terjangkau. Ini merupakan magnet penting dan terbukti efektif untuk meningkatkan antusiasme peserta. Terlebih lagi, jika event tersebut gratis dan peserta mendapatkan seminar kit lengkap.

Baca juga  Cara Menghapus Akun Spotify Permanen Dengan Mudah

Harga tiket untuk mengikuti seminar harus disesuaikan dengan target audience. Jika targetnya anak sekolah, maka tarif tidak lebih dari Rp100 ribu. Sedangkan tarif bisa dinaikkan jika sasaran peserta seminar mempunyai kekuatan finansial yang baik.

4. Memilih Tema dan Konsep yang Menarik

Orang-orang pertama kali akan melihat tema apa yang dibahas dalam seminar sebelum memutuskan untuk mengikutinya. Jadi, sebagai penyelenggara, tentukan topik yang menarik dan tengah trending. Contoh tema yang paling digemari peserta yaitu tips sukses dan berbisnis.

Untuk selanjutnya, tema tersebut harus dikemas dalam judul yang menarik juga. Pastikan tidak diabaikan saat dilihat orang-orang. Tips lainnya adalah mengemas acara dengan konsep yang tertata. Misalnya memasukkan game, demo/praktek, dan membuat peserta aktif.

5. Mempromosikan Seminar

Tips terakhir agar seminar mendapatkan banyak pendaftar adalah dengan mempromosikannya. Tujuannya yaitu agar audien tahu bahwa ada event menarik yang akan diadakan. Apalagi jika promosi dikemas dalam konten yang bagus.

Mempromosikan seminar bisa dalam bentuk brosur, video pendek, dan lainnya. Dalam konten harus mencantumkan judul acara, narasumber, dan waktunya. Perlu juga menuliskan keuntungan yang akan diperoleh peserta.

Itulah tips bagi pihak penyelenggara supaya seminar yang diadakan menarik banyak peserta. Kualitas acara dan narasumber menjadi hal wajib yang harus diperhatikan. Selain itu, pembuatan seminar kit dipercayakan kepada vendor berkompeten, seperti TASSEMINAR.ID.

You May Also Like

About the Author: Whisky Galore

Tidak melupakan jasa para Guru, Orang Tua dan para sahabat terbaik ku, jadi saya adalah tipe orang yang tidak kacang lupa kulitnya. Gitu Loh!!!